Powered by Blogger.

Thursday, January 30, 2014

Tag:

Perayaan Imlek Paling Unik

Selamat Tahun Baru Imlek 2565 bagi yang merayakan. Seperti yang kita ketahui, imlek adalah tahun baru Cina. Imlek juga sering disebut Sin Tjia. Perayaan ini menjadi salah satu perayaan penting bagi warga keturunan Tionghoa.

Perayaan tahun baru Cina ini identik dengan warna merah. Selain itu banyak tradisi-tradisi unik juga seputar imlek. Seperti yang telah di beritakan oleh merdeka.com berikut ini:

1. Makan Ikan Dengan Cara Unik

Ilustrasi Hidangan Sushi Ikan
Saat mendekati tahun baru imlek Jangan kaget kalau harga ikan melambung. Karena banyak permintaan ikan bagi warga Tionghoa. Menurut mereka, ikan adalah simbol kebahagiaan dan keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa.

Apa yang unik dari cara mereka menyantap daging ikan. Ya, ini dia hal yang unik tentang bagaimana mereka menikmati hidangan ikan yang telah disajikan, mereka dalam menikmati i ikan yang dihidangkan tidak boleh di balik. Jadi kalau sisi atas ikan sudah habis, mereka tidak boleh membalik sisi lainnya untuk mengambil daging ikan. Menurut tradisi, ikan juga tidak boleh langsung dihabiskan pada hari itu juga. Ikan harus disisakan untuk keesokan harinya. Tradisi semacam ini melambangkan nilai tambah pada tahun berikutnya. Unik kan.


2. Berbagi Angpao

ilustrasi bagi bagi angpao

Bagi bagi angpao hehe tentunya dengan hal yang satu ini kita sudah tidak asing lagi. Kata Angpau berasal dari bahasa Hokkian yang berarti ang (merah) dan pau (amplop/bingkisan). Itulah sebabnya kenapa angpao harus dimasukkan dalam amplop berwarna merah.

Kenapa kok harus berwarna merah? karena menurut warga Tionghoa, warna merah merupakan simbol kebaikan dan kesejahteraan. Selain itu, warna merah dipercaya mampu membawa kebahagiaan dan semangat serta nasib baik.

3. Liong Naga atau Barongsai

Festifal Naga Anggota Lanud Adisutjipto
Taukah tarian Barongsai berasal? ya, Tarian Barongsai adalah tarian khas Cina yang berasal dari masa pemerintahan Dinasti Chin. Masa pemerintahan Dinasti Chin ini sendiri adalah sekitar abad ketiga sebelum masehi.

Barongsai dimainkan oleh dua orang dalam satu kostum. Menurut tradisi orang Cina, barongsai dipercaya bisa melimpahkan rejeki dan menolak segala kejahatan.


4. Tradisi Membersihkan Rumah

Ilustrasi Membersihkan Rumah
Para warga Tionghoa akan berlomba-lomba membersihkan rumah mereka satu hari sebelum perayaan Imlek datang. Tradisi yang satu ini dipercaya sebagai simbol buang sial dan membuka peruntungan.

Tapi perlu anda ketahui, tepat saat perayaan Imlek datang, mereka warga Tionghoa dilarang keras untuk menyapu rumah lho. Karena kalau ini dilakukan, para warga Tionghoa takut rejeki dan keberuntungan mereka akan terbuang.


5. Pantang Makan Bubur

Ilustrasi Bubur
Sudah tahukah Anda tentang hal unik satu ini? Ya, ternyata menurut para warga keturunan Cina, bubur adalah simbol kemiskinan. Karena itu, saat perayaan Imlek, mereka dilarang keras untuk mengonsumsi bubur.

Nah, itu beberapa hal yang unik yang dilakukan oleh masyarakat tionghoa dan keturunan cina ketika merayakan tahun baru imlek. semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

About Unknown

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

9 comments:

  1. Selamat Tahun Baru Imlek 2014
    semoga tahun ini membawa berkah untuk kita semua

    ReplyDelete
  2. Paling seru kalau tahun baru imlek dikasih angpao hehe
    #blok walking gan

    ReplyDelete
  3. Penuh dengan filosofi
    gong xi fa chai

    ReplyDelete
  4. kalau bersih-bersih rumah harus tiap hari dong.
    kalau gak jadi kotor lah. tidur dengan banyak sampaj :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener juga bang....
      ya mungkin karena budaya bang jadi pamali kalau dilanggar

      Delete
  5. katanya air simbol berkah bagi warga tionghoa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bukan air bah gan. hehe
      kalau air bah namanya bencana itu :D

      Delete