Powered by Blogger.

Tuesday, January 28, 2014

Tag:

Irisan Lemon pada Minuman Sehatkah?

Irisan lemon selain sebagai hiasan di bibir gelas, kerap kali di dicelupkan dalam minuman dingin. Sensasi asamnya manjakan lidah. Memberi variasi rasa dan menambah asupan vitamin C. Namun apakah ini benar-benar menyehatkan?

Fakta terbaru. Ternyata, potongan lemon adalah sarang empuk bagi sejumlah mikroorganisme. Studi yang telah diterbitkan di Environmental Health menganalisis 76 buah lemon dari 21 restoran. Sampel yang dikumpulkan berasal dari minuman yang hendak disajikan, belum disentuh oleh para tamu. Hasilnya: sebanyak 70 persen lemon terbukti menghasilkan pertumbuhan mikroba. 

Mikroorganisme diduga berasal dari karyawan restoran, daging mentah atau kontaminasi unggas. Meskipun lemon dikenal bersifat antimikroba, hasil penelitian menunjukkan, mikroorganisme bisa bertahan hidup pada daging ataupun kulit dari irisan lemon.

Mikroorganisme yang bersemayam di irisan lemon antara lain: E. coli, staphylococcus epidermidis dan candida, bahkan ada jamur yang biasa ditemukan di vagina. Semua itu adalah bakteri yang dapat menyebabkan gangguan saluran pernafasan seperti batuk, bersin dan juga masalah kulit.

Untuk mengurangi tingkat risiko yang dihadapi lebih baik Irisan lemon ini diracik menjadi jus. hal ini akan mengurangi eksposur bakteri, jangan dicelupkan ke dalam air," kata Philip Tierno seperti dikutip Huffington Post. 

Sebagai  mengantisipasi, Anda harus menjaga kebersihan dasar, seperti mencuci tangan dan memilih restoran yang bersih. Opsi terakhir, Anda harus percaya pada sistem kekebalan tubuh yang melindungi tubuh dari penyakit.
Sumber: vivanews

About Unknown

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

1 comments:

  1. jelas semua makanan atau minuman harus higienis broo
    jadi gak hanya di irisan lemon saja yang menjadi sumber penyakit jika tidak diproses secara higienis.

    ReplyDelete